6 Rekomendasi Makanan Sumber Protein, Baik untuk Tubuh!

Banyak orang yang telah menyadari bahwa mengonsumsi makanan sumber protein dapat membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh. Namun, apa saja rekomendasi makanan berprotein tinggi tersebut?

makanan sumber protein nabati dan hewani, telur, ikan, kacang-kacangan, alpukat
Makanan sumber protein nabati dan hewani


Rekomendasi Makanan Sumber Protein yang Baik untuk Tubuh

Terdapat beragam rekomendasi makanan sumber protein tinggi yang baik dikonsumsi sebagai menu sehari-hari, di antaranya daging merah, telur, ikan dan makanan laut, susu dan produk olahannya, kacang almond, hingga tempe. Berikut penjelasannya.

1. Daging Merah

Rekomendasi makanan dengan protein tinggi yang pertama adalah daging merah. Daging merah merupakan makanan yang didapatkan dari hewan ternak besar, seperti kambing, domba, dan sapi.

Namun, penting untuk memilih daging merah yang tanpa lemak, seperti bagian panggul atau sirloin guna menghindari melonjaknya kadar kolesterol lemak jahat di dalam tubuh.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi daging merah, disarankan untuk mengolahnya dengan cara dipanggang atau direbus. Bila berencana untuk menggorengkan, lebih baik menggunakan minyak yang sehat, seperti minyak canola, minyak kedelai, atau minyak zaitun.

2. Telur

Salah satu makanan sumber protein yang mudah ditemukan adalah telur. Dalam satu butir telur ayam, terdapat protein sebanyak 6 gram.

Maka dari itu, mengonsumsi telur secukupnya dapat membantu menjaga berat badan, menjaga kesehatan jantung, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Untuk memperoleh manfaatnya telur secara optimal, ada baiknya untuk mengolah telur dengan cara direbus. Hal ini dikarenakan menggoreng telur dapat meningkatkan kadar lemak jenuh atau kolesterol.

3. Ikan dan Makanan Laut

Daging ikan dan makanan laut lainnya, seperti udang, gurita, dan cumi, juga kaya akan protein sehingga dapat mengoptimalkan proses pembentukan jaringan dan otot di dalam tubuh.

Selain itu, beberapa jenis ikan laut, seperti ikan tuna dan ikan salmon, diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak.

Kendati demikian, penting untuk memperhatikan pemilihan ikan laut yang tidak mengandung merkuri tinggi guna mencegah berbagai masalah kesehatan.

4. Susu dan Produk Olahannya

Salah satu contoh makanan sumber protein adalah susu dan produk olahannya, seperti keju, yogurt, serta kefir.

Bahkan, tak hanya kaya protein, susu dan berbagai produk olahannya juga mengandung kalsium serta vitamin D yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

5. Kacang Almond

Rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi berikutnya adalah kacang almond. Dalam satu cangkir kacang almond seberat 28 gram, terkandung protein sebanyak 6 gram.

Konsumsi kacang almond secara rutin juga baik untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin E, mangan, serta magnesium yang tinggi.

6. Tempe

Siapa yang tidak kenal dengan tempe? Produk olahan kacang kedelai ini dipercaya baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan protein nabati yang tinggi.

Selain itu, tempe juga mengandung senyawa antioksidan, yakni isoflavon, yang dapat menangkal efek radikal bebas di dalam tubuh.

Itu dia beragam rekomendasi makanan sumber protein yang dapat dikonsumsi dalam menu sehari-hari.

Di samping mengonsumsi makanan di atas, penting pula untuk menjaga pola hidup sehat lainnya sebaik mungkin, seperti rutin berolahraga, mencukupi waktu istirahat, dan minum air putih yang cukup.

Semoga artikel ini bermanfaat!


Referensi 

https://www.alodokter.com/cermat-memilih-makanan-yang-mengandung-protein

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/10-makanan-sumber-protein-tinggi/

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/makanan-berprotein-tinggi


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url