7 Pilihan Pantai Seru Buat Piknik di Tulungagung

Sebagai kabupaten yang berada dekat dengan pantai selatan, Tulungagung memiliki banyak sekali pantai terkenal dengan ombak yang lumayan besar. Belakangan akses menuju pantai di Tulungagung juga semakin diperbaiki untuk menjaring kembali wisatawan lokal maupun turis mancanegara.

Kamu pun bisa berkunjung ke Tulungagung dengan sangat mudah karena kamu bisa beli tiket KA dengan harga terjangkau. Biaya tiket menuju kota ini mulai dari Rp 15 hingga 75 ribu tergantung kelas yang kamu pilih. Berikut 7 Pantai di Tulungagung yang bisa kamu pilih untuk mengisi liburan kalian

1. Pantai Godeg

Meskipun tidak setenar pantai Gemah, pantai Godeg memiliki keindahan yang patut untuk kamu saksikan. Lokasinya ada di Dusun Kuning yang berada di kecamatan Tanggunggunung. 

panorama pantai godeg di tulungagung jawa timur
Pantai Godeg Tulungagung menawarkan pesona pantai yang menawan
Sumber gambar : pantainesia.com

Salah satu hal yang bikin pantai ini unik adalah pohon melengkung di tengah pantai. Sayangnya, pada saat ini pohon yang unik tersebut entah kenapa sudah tidak ada. Namun kamu masih bisa menemui batu besar di bagian kanan yang sering terkena ombak bergoyang. 

Pantai ini terbilang masih sangat alami dengan tumbuhan hijau liar dan pohon-pohon besar yang mengelilingi di sekitar, membuatnya tampak seperti pulau tersembunyi. 

2. Gerangan

Berlokasi di desa Ngrejo yang berada di Tanggunggunung, Pantai Gerangan memiliki pesona keindahan yang patut untuk kamu saksikan. Selain pasirnya yang masih sangat putih, pantai Gerangan juga memiliki gugusan bukit kapur yang ada di sebelah kiri pantai. 

Nah, kawasan Pantai Gerangan adalah sepanjang gugusan bukit kapur ini. Ketika air laut pasang, kawasan ini akan tergenang. Namun jangan khawatir karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga kamu tidak perlu was-was saat berenang. Meski begitu, tetaplah berhati-hati untuk kemungkinan yang tiba-tiba.

3. Pantai Sine

Pantai Sine termasuk salah satu pantai paling terjangkau di Tulungagung. Harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 5 ribu untuk weekday dan Rp 10 ribu untuk weekend. Di bagian sisi utara Pantai Sine ada sebuah tebing yang mengalirkan air. Nah, sementara itu di sekelilingnya terdapat hutang lindung alami. 

Saking indahnya pantai ini banyak yang menyebutnya sebagai versi mini Bali di Tulungagung. Pasir pantai ini pun juga masih putih dan sangat terjaga kebersihannya meskipun banyak pedagang di pantai ini. 

4. Pantai Molang

Ingin mantai tapi terkendala dana yang menipis di akhir pekan? Kamu bisa kunjungi pantai Molang yang menawarkan pesona alam dengan tiket yang murah meriah. Harga tiket masuknya sendiri hingga saat ini hanya dipatok Rp 5 ribu saja per orang. Sangat murah, kan?

Lokasi pantai ini sendiri ada di desa Pucanglaban, kabupaten Tulungagung. Kamu bisa mengunjungi pantai ini cukup memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Operasional destinasi wisata alam pantai ini buka selama 24 jam.

Di area pantai sudah ada gazebo, warung wisata, kamar mandi, spot foto instagenic serta camping ground. 

5. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung di Tulungagung ini terbilang unik dibandingkan pantai lain dengan adanya ikon batu besar yang ada di bagian tengah. Batu besar di pantai Lumbung memiliki warna hijau dari lumut yang banyak menempel di batu tersebut. 

keindahan alam pantai lumbung tulungagung jawa timur
Keindahan pantai Lumbung Tulungagung kala sunset
Sumber gambar : sikidang.com

Pantai ini masih satu wilayah dengan pantai Kedung Tumpang dan Pantai Kelinci. Kamu yang akan menuju pantai ini akan melewati jalur lok songo atau tanjakan dengan belokan sejumlah 9. 

Kamu bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pantai ini jika ingin. Di sini juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan dan minuman ringan, kok. 

6. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur dengan pasir yang masih putih ini tampak seperti pulau kecil rahasia dengan pepohonan yang rindang di sekitarnya. Pantai ini termasuk masih sepi dan asri karena lokasinya yang tersembunyi. 

Belum banyak perubahan di pantai ini sehingga warna pantainya masih sangat otentik. Lautnya masih biru muda dan pasirnya pun masih sangat bersih. Sebagai pantai yang berada di sisi selatan, jelas saja ombak di pantai Ngalur cukup kencang. So, berhati-hatilah saat berada di sini. 

7. Pantai Coro

Pantai Coro adalah salah satu pantai di Tulungagung yang buka dengan jam operasional selama 24 jam. Pantai cantik ini terbilang lengkap secara fasilitas, dengan adanya spot foto menarik, camping ground, toilet umum dan penginapan. 

Bersantai melihat pemandangan cantik sambil minum kopi di pantai ini sangat direkomendasikan. Jika beruntung, kamu bisa berburu hewan laut di sekitar pantai. Harga tiket masuk ke wisata Pantai Coro sendiri sekitar Rp 5 ribu saja per orang. Terbilang sangat murah, kan? 

Deretan tujuh pantai terbaik di Tulungagung di atas dapat kamu jadikan opsi healing murah tapi seru. Rata-rata tiket wisata pantai di Tulungagung dijual mulai harga Rp 10 hingga 30 ribu saja sehingga terjangkau untuk semua kalangan. 

Kamu pun bisa membeli tiket KA ke Tulungagung via Traveloka, dapatkan potongan harga serta cashback besar! Persiapkan liburan kamu mulai dari sekarang, dapatkan berbagai keuntungannya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url